Beberapa Kostum Indonesia yang Unik Dalam Ajang Kecantikan Internasional

Bukan Pertama Kali, 10 Kostum Nasional Ini Bukti Nyata Bahwa Indonesia  Memang 'Jempolan' di Ajang Internasional - Boombastis.com | Portal Berita  Unik | Viral | Aneh Terbaru Indonesia

Gosprom.info – Kostum nasional yang terinspirasi sate ayam milik Kharishma Aurra, Miss Grand Indonesia 2020 pada gelaran Miss Grand International bukanlah satu-satunya.

Pada waktu lalu, jamu, kekayaan maritim, bahkan orangutan pernah jadi tema kostum yang dikenakan para perempuan cantik tersebut. Para peserta kontes kecantikan asal Indonesia kerap menampilkan busana yang mewah dan unik dengan inspirasi kekayaan budaya lokal.

Khususnya dalam sesi kostum nasional di mana semua peserta berusaha membawa kekayaan negara asalnya. Indonesia sendiri tercatat punya beberapa kostum yang mengesankan dan berhasil menjadi yang terbaik di dunia.

  • Phinisi Journey to the East

Miss Grand Indonesia sebelumnya, Sarlin Jones juga tampil menawan dalam kostum yang terinspirasi dari Kapal Phinisi ini. Wilayah Indonesia yang terdiri dari banyak pulau dengan budaya maritim yang kuat menjadi ide utama karya desainer Hengki Kawilarang ini. Pakaian seberat 30 kilogram ini berwarna hitam berhiaskan kain tenun merak keemasan khas Nusa Tenggara Timur. Kostum ini juga terinspirasi dari Labuhan Bajo, tempat ia terpilih menjadi perwakilan Indonesia. Kebetulan Sarlin yang berdarah Indonesia-Amerikan ini juga memiliki darah Nusa Tenggara Timur yang diturunkan dari sang ibu.

  • Ibu Pertiwi

Kostum yang dikenakan oleh Dea Rizkita, perwakilan Indonesia di ajang Miss Grand International 2017 ini terlihat megah sekaligus mistis. Terbukti, busana seberat 27 kilogram ini didapuk menjadi yang terbaik dalam kategori Best National Costume.

Pakaian ini berwarna biru dengan ornamen yang mencerminkan kepribadian Bangsa Indonesia. Biru tua melambangkan kebanggaan sebagai bangsa maritim, lima kristal perlambang Pancasila dan berbagai miniatur candi di ekor gaunnya.

  • Warrior of Orangutan

Kostum ini dipakai oleh Bunga Jelitha, Putri Indonesia 2017 pada kontes kecantikan sejagat, Miss Universe 2017. Karya desainer Rinaldy Yunardi ini membawakan pesan yang kuat akan pentingnya kepedulian akan alam. Orangutan yang hanya ada di Indonesia terancam punah dengan berbagai perusakan hutan. Bunga berusaha mengajak dunia untuk lebih peduli kepada alam dengan penampilkan uniknya kala itu.

  • Royal Sigokh of Lampung

Best National Costume juga pernah disabet oleh kontestan dari Indonesia pada gelaran Miss Grand Internation 2016. Bukan hanya itu, Ariska Putri Pertiwi juga melengkapi prestasinya dengan memboyong status sebagai Miss Grand Internation 2016. Kostum ini berhasil menjad yang terbaik karena menampilkan keagungan pengantin wanita dari kalangan bangsawan Lampung. Busana ini merupakan hasil karya Dynand Faris yang biasa membuat kostum untuk Jember Fashion Carnaval.

  • Chronicle of Borobudur

Salah satu prestasi terbaik Indonesia adalah dengan menjadi Best National Costume pada acara Miss Universe 2015. Bertemakan candi Budha terbesar di dunia, Elvira Devinamira, perwakilan Indonesia kala itu, berhasil memukau mata dunia. Kostum seberat 20 kilogram itu berwarna abu-abu dan bercorak kuning keemasan. Tampilannya yang megah sekaligus elegan dengan hiasan kepala yang senada menjadi kunci kemenangannya.

Related Posts

Leave a Reply