Beberapa Kriteria Cewek Wajib di Perhatikan Saat Beli Baju

Baju Baru, Suci atau Najis?

Gosprom.info – Pernah nggak sih ada di momen di kamu bingung untuk memilih pakaian? Buat sebagian kita, Memilih pakaian gak semudah pick and buy.

Bahkan karena masalah ini, banyak lho yang menghabiskan waktunya hanya untuk memilih baju mana yang paling pas dengan postur dan style-nya dan baru yakin untuk memasukkannya ke keranjang belanja.

Kamu pernah ada di posisi ini?

Nah, kalau kamu salah satu yang pernah mengalami situasi tadi. Worry no more.

Kali ini, Gosprom akan memberikan tips dan trik agar kamu enggak kebingungan lagi saat membeli pakaian. Simak yuk!

  1. Pilih size dan model yang sesuai dengan bentuk tubuh

Ukuran dan model pakaian memang jadi salah satu faktor penting nih. Baik untuk pencinta pakaian slim fit ataupun oversized, kamu tetap harus memperhatikan ukuran lho.

Nah, pertama-tama coba deh identifikasi bentuk tubuh kamu, apakah berbentuk persegi, segitiga terbalik, jam pasir, buah pear atau buah apel. Untuk mempermudah pemilihan, ingat-ingat tipe postur tubuh dan bentuk pakaian yang sesuai berikut ini:

Tipe segitiga terbalik: hindari sleeveless blouse/dress dan gunakan bawahan dengan model A-Line.

Tipe buah apel: Gunakan pakaian dengan model A-Line dan jangan ragu untuk tunjukkan keindahan kakimu dengan menggunakan slit dress.

  • Tipe buah pear: Gunakan warna gelap untuk bawahan dan dengan model yang melebar
  • Tipe jam pasir: gunakan statement belt pada pinggang atau atasan dengan model V-neck
  • Tipe persegi: gunakan pakaian two pieces atau pakaian dengan potongan A-Line

Yuk langsung bercermin dan amati bentuk tubuhmu sekarang!

  1. Warna atau motif pakaian memberikan efek “magis” untuk tubuh

Banyak cewek menghindari pakaian bermotif karena merasa nggak pede dengan bentuk tubuhnya.

Padahal pakaian bermotif sebenarnya dapat digunakan oleh cewek dengan bentuk tubuh apapun asal pemilihannya tepat.

Buat kamu yang bertubuh curvy misalnya, lebih disarankan untuk menggunakan motif vertikal ke bawah untuk mendapatkan efek yang lebih ramping.

Sementara cewek dengan tubuh yang kecil dianjurkan menggunakan pakaian dengan motif yang besar untuk menambah efek tubuh yang lebih berisi.

  1. Jenis kain yang cocok dengan iklim dan cuaca di Indonesia

Tinggal di Indonesia yang memiliki iklim tropis memang tantangan tersendiri nih. Soalnya dengan iklim seperti ini kondisi kelembaban udara juga menjadi lebih tinggi sehingga ada baiknya kita bisa memilih jenis pakaian yang dapat mendukung kita beraktivitas secara optimal. Salah satu rekomendasi jenis kain dari Popbela adalah kain viscose-rayon.

Kain ini cocok untuk iklim tropis seperti di Indonesia karena bahannya yang adem, sehingga kain viscose-rayon ini cocok untuk pakaian-pakaian yang digunakan sehari-hari. Selain itu, kain viscose-rayon juga berbahan lembut dan pas banget buat mode busana muslim dan tropical wear. Kamu punya pakaian berbahan viscose-rayon nggak di rumah?

  1. Pilih produk asli desainer Indonesia

Saat akan berbelanja dan sedang memilih pakaian, kamu bisa jadikan kesempatan ini untuk mendukung produk asli Indonesia biar makin dikenal. Tengok karya Didiet Maulana lewat Ikat Indonesia yang menyajikan model pakaian kekinian yang dipadu padankan dengan kain tenun yang Indonesia banget. Atau pakaian autentik lainnya dari Purana, Bateeq, Interim Clothing, Eureka dan masih banyak lagi. Local brand ini juga menggunakan viscose-rayon lho! Cocok nih sama semangat sustainable fashion yang lagi tren di kalangan fashion enthusiast dunia.

  1. Dukung kampanye sustainable fashion

Bela, saat ini dunia sedang dihadapkan dengan banyak sekali permasalahan di bidang lingkungan dan iklim loh, salah satunya karena banyaknya sampah tekstil yang tidak bisa terurai dan menumpuk di darat maupun lautan. Belum lagi, pandemi covid-19 diperkirakan menambah lebih banyak sampah medis yang berpotensi semakin mengancam lingkungan. Yang bisa mengubah ini hanya kita.

Related Posts

Leave a Reply