Peran Penting Kehadiran Presiden Jokowi di KTT COP2 di Glosgow

Jokowi Tiba di Glasgow untuk Ikuti KTT COP26 - Gosprom.info

Gosprom – Presiden Joko Widodo tiba di Glasgow, Skotlandia, pada Minggu (31/10). Ia akan hadir di KTT COP26 pada 1-2 November dan berpartisipasi dalam diskusi melawan perubahan iklim.

Presiden Jokowi menjadi salah satu di antara pemimpin negara lainnya yang hadir secara fisik, seperti Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Kehadiran Jokowi secara langsung ini dipandang sangat signifikan oleh Pakar Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran, Teuku Rezasyah.

“Beliau [Presiden Jokowi] datang bukan hanya sebagai partisipan, tetapi juga datang dengan siap untuk mendukung program-program KTT Glasgow ini ke depan, dari perspektif G20,” jelas Rezasyah ketika dihubungi oleh kumparan, Senin (1/11).

“Pak Jokowi ini kan Presiden Indonesia, tokoh ASEAN, tokoh G20, tokoh OKI (Organisasi Kerja Sama Islam); ini, kan, bobot kehadiran fisik beliau ini sangat penting,” lanjutnya.

Selain itu, dengan kehadiran secara fisik, ketulusan dan komitmen akan dapat terlihat dengan jelas.

“Ini menunjukkan komitmen ke dunia bahwa kita enggak main-main dengan iklim. Dan juga ke dalam negeri, Pak Jokowi bisa menggetok aktor-aktor lokal yang main-main dengan kelestarian lingkungan ini,” papar dia.

Menurut Rezasyah, penindakan pelanggaran lingkungan hidup di Indonesia bisa lebih “galak” lagi, sepulangnya Jokowi dari COP26. Sebab, dia akan memiliki legitimasi dari dunia untuk membicarakan soal perubahan iklim.

“Beliau bisa lebih galak nanti pulang-pulang ini. Jadi, kalau beliau bicara tentang KTT Bumi ini, kredibilitas beliau sudah sangat naik.”

Tak hanya itu, Inggris Raya sebagai tuan rumah dan presiden KTT COP26, akan merasa diuntungkan. Sebab, kata Rezasyah, kedatangan fisik menjadi suatu bentuk kepercayaan dari Indonesia kepada Inggris.

“Kalau datang secara fisik itu, berarti kita percaya sepenuhnya, bahwa pemerintah Inggris akan memperlakukan dengan baik, akan aman, tidak ada gangguan, tidak ada demonstration.”

Menurutnya, Indonesia juga hadir dengan berbekal ide untuk perubahan dunia. Presiden Jokowi datang tidak hanya untuk mendengar, tetapi juga berbagi ide dan pengalaman dalam melawan perubahan iklim.

Inilah mengapa, bagi Rezasyah, kehadiran fisik Presiden Jokowi memiliki signifikansi tersendiri.

Dikutip dari keterangan dari Sekretariat Presiden, sejumlah menteri turut mendampingi Jokowi dalam konferensi COP26 Glasgow.

Mereka adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto; Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan; Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi; Menteri Keuangan Sri Mulyani; Menteri BUMN Erick Thohir; dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Indonesia Punya Super Power dalam Perubahan Iklim

Sebelum KTT COP26 dimulai, Inggris menyebut Indonesia sebagai negara Super Power potensial dalam perubahan iklim.

Menurut Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, RI memiliki sejumlah potensi dalam aksi melawan perubahan iklim: mulai dari sumber daya terbarukan yang melimpah, hingga statusnya sebagai ketua G20.

“Period dari energi baru, bersih, dan terbarukan sudah tiba. Indonesia memiliki potensi energi terbarukan yang sangat luar biasa. Itulah mengapa, Presiden dari COP26 Alok Sharma menyebut Indonesia sebagai Super Power Perubahan Iklim yang potensial,” kata Jenkins di The Langham Resort Jakarta, Kamis (28/10) lalu.

Potensi sumber energi terbarukan di Indonesia meliputi sumber energi surya, mikrohidro (air), hingga angin. Ini tentunya jauh lebih bersih dan aman dibandingkan dengan bahan bakar fosil seperti batu bara.

Pembakaran bahan bakar fosil menghasilkan emisi karbon yang tinggi, sehingga menyebabkan efek rumah kaca dan berujung pada pemanasan international.

Selain itu, sumber daya hutan Indonesia, jika dipelihara, dapat berkontribusi dalam melawan perubahan iklim. Hutan di Indonesia merupakan paru-paru dunia yang dapat menyerap emisi gas rumah kaca.

Related Posts

Leave a Reply